Senin, 04 Mei 2009

Interior Desain Tips: Warna-warna Terbaik Untuk Kamar Tidur, Kamar Mandi dan Ruang Keluarga Berdasarkan Feng Shui

Mengecat ulang mungkin adalah cara terbaik untuk mendapatkan tampilan atau gaya yang baru pada sebuah ruangan. Hal ini relatif tidak mahal, kira-kira sebesar 750.000 s/d 1.500.000 rupiah, tergantung pada ukuran ruangan, kualitas dan persediaan cat. Mengecat ulang ruangan juga sangat mudah untuk dilakukan, pekerjaan ini adalah jenis “proyek 1 hari” dan dapat dilakukan oleh semua orang. Mengecat ruangan juga dapat menyebabkan penghuni rumah akan merasakan perubahan efek dramatis terhadap suatu ruangan. Jika warna cat yang dipilih mengikuti prisnip-prinsip feng shui, maka perubahan warna pada setiap ruangan tersebut akan membantu penghuninya untuk tidur lebih baik (meningkatkan kualitas tidur), menghangatkan dan memeriahkan setiap percakapan anggota keluarga ketika berada dimeja makan, dan merubah kamar mandi dari kamar mandi yang biasa menjadi “oasis” yang tenang dan damai.

Yin and Yang

Bagaimana menggunakan prinsip-prinsip, teknik-teknik aturan-aturan dan desain dari feng shui dalam memilih warna cat terbaik untuk kamar tidur, kamar mandi dan ruang keluarga. Semoga tips berikut ini dapat bermanfaat buat anda..

Kamar Tidur

Setiap kamar tidur menjadi tempat yang paling nyaman, dimana anda bisa beristirahat dan melepaskan kelelahan. Banyak juga orang yang menginginkan kamar tidur mereka menjadi tempat yang romantis, atau tempat dimana semua anggota keluarga dapat tidur bersama-sama. Kesalahan-kesalah umum yang biasa terjadi adalah, beberapa orang mewarnai dinding kamar tidur mereka yang terang untuk menghilangkan permasalahan berdasarkan bagua chart/Pa Kua chart, yaitu sistematika pembagian area rumah menjadi beberapa buah bagian/section, masing-masing section terdiri atas: keluarga, anak, relationship (keserasian hubungan), karir, kesehatan, ketenaran, keuangan/kekayaan, bumi, ilmu pengetahuan, dsb.

Pa Kua Chart

Sebagai contoh, Jika kamar tidur seorang artis berada pada posisi fame section, artis tersebut mungkin akan tergoda mewarnai kamar tidurnya dengan warna merah untuk meningkatkan ketenarannya. Saya yakin artis tersebut tidak bisa tidur nyenyak didalam kamar tidur yang berwarna merah ? Anda tau kenapa? karena merah termasuk dalam warna Yang, sementara tidur adalah Yin. Mungkin lebih baik jika sang artis melakukan beberapa hal seperti: meletakkan sebuah bantal, boneka, atau bingkai foto berwarna merah didalam kamar tidurnya, dan mewarnai kamar tersebut dengan warna-warna teduh yang lebih menyejukkan.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk memilih warna kamar tidur adalah memilih warna-warna yang dapat meningkatkan kualitas unsur/elemen kelahiran anda. Seperti diketahui, ilmu feng shui mengelompokkan unsur/elemen kelahiran manusia menjadi beberapa bagian, air, kayu, api, tanah, dan logam. Seseorang yang unsur/elemen dominannya adalah air mungkin akan merasa nyaman berada didalam kamar tidur berwarna biru (pale blue atau navy blue), tetapi efek dari warna kamar tidur mungkin akan menyebabkan orang tersebut menjadi kurang dinamis. Seseorang dengan unsur dominan air dapat meningkatkan kualitas hidupnya dengan cara menambahkan beberapa warna yang dapat menyeimbangkan unsur/elemen dominannya, misalnya warna hijau untuk kayu, warna merah atau pink untuk api, warna kuning/oranye/coklat untuk tanah, dan warna putih/perak/emas untuk logam.

Memilih warna untuk kamar tidur anak mungkin sedikit lebih rumit. Kebanyakan orang tua ingin menggunakan warna pale (pucat) atau warna pastel yang termasuk kategori warna Yin dengan maksud untuk meningkatkan value unsur/element anak-anak mereka, tetapi yang harus diingat oleh para orang tua adalah: bahwa kamar anak adalah tempat bagi anak untuk tidur sekaligus juga tempat untuk bermain.

Mewarnai kamar tidur anak dengan warna yang dominan pucat atau pastel akan membuat anak selalu ingin keluar dari kamarnya saat diluar jam istirahat/tidur, jika anak dipaksa untuk selalu berada didalam kamar, maka akan menggangu pertumbuhan atau pengembangan ide-ide kreatif sang anak. Bermain bagi anak adalah bagian dari proses perkembangan, bermain akan mengasah kecerdasan dan kreatifitasnya.

Solusi yang bisa dilakukan adalah mengkombinasikan warna dinding kamar yang lembut (pale/pastel) dengan aksesoris pelengkap kamar (permadani, boneka, toys, meja belajar, lampu meja, dsb) yang berwarna kontras. Hal lain yang bisa dilakukan adalah membuat area bermain didalam kamar dengan menggunakan partisi ruangan, sehingga anak-anak bisa bermain sekaligus beristirahat didalam kamar tidurnya.

Kamar Mandi

Seperti halnya kamar tidur, kamar mandi juga harusnya menjadi tempat yang penuh dengan ketenangan. Bagi kebanyakan orang-orang yang sibuk, menghabiskan waktu sambil berendam dikamar mandi adalah hal yang paling tenang dan menyenangkan. Mewarnai dinding kamar mandi dengan warna-warna yang menyenangkan sebaiknya juga harus diusahakan. Ketika anda memilih warna untuk dinding kamar mandi anda, maka pikirkan tentang orang-orang yang akan menggunakan kamar mandi tersebut. Apa elemen dasar kelahiran mereka (api? air? tanah? kayu? atau logam?). Pastikan untuk memilih warna yang dapat meningkatkan kualitas elemen-elemen mereka. Harus diingat juga, bahwa mandi adalah kegiatan yang berkaitan dengan unsur Ying, dan pilihlah warna yang paling sesuai dengan unsur Ying. Bagian terakhir dari penataan kamar mandi adalah mengurangi efek/energi negatif dari area toilet dengan cara menambahkan salah satu dari warna yang masuk dalam unsur/elemen tanah, seperti warna kuning, oranye atau coklat.

Living Area

Aturan pertama ketika akan memilih warna untuk living area (yang termasuk dalam living area adalah: ruang tamu, ruang santai, ruang keluarga dan ruang makan) adalah: the entire family should feel comfortable with the color. Seluruh anggota keluarga harus merasa nyaman dengan warna yang dipilih..Setiap warna akan memberikan semacam getaran, seperti halnya juga lampu yang mampu memberikan efek dramatis, efek dari warna juga demikian. Setiap anggota keluarga didalam rumah anda akan memberikan reaksi atau pendapat yang berbeda-beda soal efek daramtis atau getaran yang ditimbulkan oleh warna ruangan tersebut.

Misalnya, jika elemen anda adalah tanah, dan tanpa berdiskusi dengan anggota keluarga kemudian anda memutuskan untuk mewarnai dinding ruang makan yang semula berwarna putih bersih menjadi warna kuning terang (bright yellow), maka efeknya anda akan melihat putri anda yang memiliki unsur/elemen dominan logam tiba-tiba berubah menjadi pendiam pada saat waktunya makan malam.

Putri anda bukannya keras kepala atau menentang hasil pekerjaan anda atas dinding ruang makan tersebut, tetapi yang terjadi sebenarnya adalah: warna dinding ruang makan yang awalnya putih lalu berubah menjadi kuning terang membuat putri anda merasa tidak mampu mengatasi suatu hal yang salah yang tiba-tiba terjadi padanya. Hal ini mungkin terdengar aneh bagi anda, sama anehnya bagi saya yang tiba-tiba merasa kurang bergairah ketika memasuki area/ruangan yang dindingnya didominasi oleh warna kuning atau coklat.

Pikirkan secara hati-hati tentang pemanfatan ruang pada wilayah living area (ruang tamu, ruang santai, ruang keluarga, dan ruang makan) tersebut, yang saya maksud adalah untuk kegiatan apa saja ruangan-ruangan tersebut anda gunakan. Misalnya, jika anda suka mengadakan jamuan/pesta diruang makan atau ruang tamu, kemudian menggunakan ruang keluarga/ruang santai yang dilengkapi perapian (fireplace) untuk menikmati kesunyian malam sambil membaca buku, maka perhatikan semua kebiasaan anda tersebut ketika menetukan skema warna (color scheme) antar ruangan.

Pesta-pesta yang dilakukan didalam ruangan yang didominasi oleh warna-warna Yin (Yin adalah warna-warna lembut, sebagian mengatakan warna gelap) akan terasa hambar dan akan diingat sebagai pesta yang terasa lama namun membosankan. Anda juga akan merasa sulit berkonsentrasi pada buku bacaan anda jika warna dinding ruang keluarga terlalu didominasi oleh warna Yang (Yang adalah warna hangat, sebagian mengatakan warna terang).

Ruang santai yang dicat dengan warna kuning terang dan aksesoris pelengkap ruangannya berwarna merah terang atau purple (ungu) mungkin akan menjadikan pemandangan diruangan tersebut terlihat sangat buruk dan terkesan tidak nyambung. Anda juga bisa tertidur ketika sedang membaca buku jika warna dinding ruangan anda didominasi oleh warna beige (abu-abu kecoklatan) dan warna pastel. Usahakan untuk selalu menyeimbangkan antara keduanya (Yin dan Yang) dalam pemilihan warna disetiap living area.

Akhirnya saya hanya ingin mengatakan.. diruang manapun itu, apakah dikamar tidur, dikamar mandi, atau di area living rumah anda (ruang tamu, ruang santai dan ruang keluarga), jika pemilihan warna cat dilakukan dengan benar dan hati-hati akan membuat perbedaan yang sangat mencolok. Perbedaan yang mencolok tersebut akan dirasakan oleh orang-orang atau anggota keluarga yang ada didalam rumah.

Dengan memilih warna cat yang sesuai dengan kaidah-kaidah feng shui untuk dinding diruangan anda, anda dan seluruh anggota keluarga akan menemukan suatu kondisi dimana anda akan tidur lebih baik, sangat menikmati mandi atau berendam dikamar mandi anda, frekwensi kegiatan makan malam bersama menjadi lebih sering terjadi, dan hubungan anggota keluarga yang makin harmonis diantara satu sama lain.

Tags: ‘Memilih Warna Dinding’ ‘Warna Dinding Kamar Tidur’ ‘Warna Dinding Kamar Anak’ ‘Warna Dinding Kamar Mandi’ ‘Warna Dinding Ruang Keluarga’ ‘Warna Dinding Ruang Tamu’ ‘Memilih Warna Cat Dinding Berdasarkan Feng Shui’ ‘Feng Shui dan Warna’ ‘Pengaruh Warna Dinding Kamar Terhadap Feng Shui’ ‘Fengshui Warna Untuk Ruang Keluarga’ ‘Fengshui Warna Untuk Ruang Tamu’ ‘Fengshui Warna Untuk Ruang Makan’ ‘Fengshui Warna Untuk Kamar Mandi’ ‘Fengshui Warna Untuk Kamar Tidur’

Sumber : www./architectaria.com

Architectaria - Arsitek dan Perencana


Tidak ada komentar:

Posting Komentar