Senin, 04 Mei 2009

Tips Memilih Rangka Atap Baja Ringan

Untuk masing-masing jenis penutup atap (genteng keramik/beton/metal, seng aluminium, onduline, fiberglass atau asbes), ukuran/dimensi, ketebalan serta konstruksi rangka kuda-kuda atap baja ringan yang digunakan berbeda disesuaikan dengan berat material penutup atap. Semakin berat material penutup atap, semakin besar/tebal pula rangka yang dipakai. Begitu pula sebaliknya.


JANGAN TERKECOH DENGAN HARGA MURAH, ketelitian sebelum membeli sangat diperlukan. Mintalah informasi ukuran/dimensi Reng (roof batten) dan C channel rangka yang akan dipasang. Semakin besar/tebal Reng dan C channel rangka, semakin besar pula beban yang dapat ditanggung oleh rangka. Semakin kecil ukuran/dimensi C channel, semakin minim pula kesanggupan rangka untuk menanggung total beban penutup atap.

Ukuran C channel untuk Zincalume maupun Galvanis ada 3 jenis :

* C71.075

Direkomendasikan untuk rangka atap dengan jenis penutup genteng metal, seng, fiberglass, Onduline, asbes dan jenis penutup atap lainnya yang bersifat ringan. Pemakaian C71.075 dengan bentangan lebar tetap aman karena kekuatan rangka/kuda-kuda sebanding dengan beban total penutup atap.

* C81.075

Selain direkomendasikan untuk rangka atap dengan jenis penutup seperti tersebut di atas dengan bentangan lebar, C81.075 juga dapat diaplikasikan untuk jenis penutup genteng keramik dengan bentang atap menengah (-/+ 7 meter).

* C81.095

Direkomendasikan untuk rangka atap dengan jenis penutup genteng keramik dan genteng beton dengan bentang atap yang panjang (s/d > 9 meter).


Untuk kalkulasi dan desain konstruksi rangka baja yang akan dipasang, kami menggunakan software khusus rangka atap baja ringan yang menjamin tingkat presisi material dan pemasangan rangka atap baja ringan.

Sedangkan untuk genteng atau material penutup atap, sangat banyak pilihan tersedia di pasaran yang memiliki kualitas sangat beragam. Mengenai pilihan, semuanya kembali lagi ke Anda sendiri berdasarkan pertimbangan selera dan jumlah dana yang tersedia. Tips sederhana dari kami : "Ada harga ada mutu"...

Sumber : www.2u-sweethome.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar